Pemasaran Digital atau biasa dikenal dengan sebutan Digital Marketing telah menjadi pilihan banyak orang dan perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa. Gaya marketing modern ini dinilai lebih memudahkan bisnis berjalan pesat karena pemasaran disebar melalui jaringan internet dan tidak terikat wilayah. Melalui digital marketing, siapapun yang memiliki perangkat digital dapat memiliki akses mudah untuk terhubung dengan layanan atau produk yang ditawarkan.
Salah
satu channel yang paling sering
digunakan dalam penerapan digital
marketing adalah media sosial. Namun, nyatanya tidak hanya media sosial saja yang
berperan penting dalam meningkatkan keuntungan sebuah brand atau perusahaan. Terdapat
channel lain yang juga berguna untuk memasarkan produk atau jasa tersebut sehingga mencapai performa yang
lebih baik. Apa sajakah itu?
1. Website Marketing
Memiliki website merupakan hal penting karena berbagai macam informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan dapat disebarkan melalui media ini. Sebuah website harus secara jelas merepresentasikan brand, produk, atau layanan yang dimiliki sebuah perusahaan. Selain melalui media sosial yang mudah di akses, website juga menjadi channel efektif dalam menyebarkan suatu kampanye perusahaan. Jangan lupa untuk melakukan optimasi berkala bagi website mu agar performanya tidak menurun!
2. Email Marketing
Email bukan merupakan platform baru dalam menyebarkan informasi. Bedanya, saat ini penggunaan email tidak lagi sebatas berkirim pesan satu sama lain, tetapi juga menjadi media aktif pemasaran. Adanya email akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan brand awareness dan konversi bisnisnya. Selain itu, serangkaian email yang dikirimkan sangat membantu perusahaan dalam menjalin hubungan dan kepercayaan pada pelanggan. Hal ini tentu menjadikan email sebagai platform ideal untuk mendorong pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.
3. Search Engine Optimization (SEO)
Tahukan
kamu bahwa ada lebih dari 63.000 pencarian di Google setiap detiknya? Bayangkan
berapa banyak orang yang dapat dengan mudah mengetahui produk atau layanan yang
kamu tawarkan? Sangat banyak!
Meskipun
menjadi channel yang murah karena
tidak perlu mengeluarkan biaya, ada hal penting yang harus diperhatikan untuk
mencapai kesuksesan melalui SEO, yaitu kepandaian menulis. Ketika mencari sebuah
informasi, orang-orang akan cenderung memilih apapun yang berperingkat lebih tinggi.
Ini menunjukkan bahwa penulisan cerdas dan sesuai target sangat dibutuhkan
dalam SEO marketing. Bekali diri dan
perusahaanmu dengan pemahaman SEO seperti penelitian kata kunci, pengoptimalan postingan
blog atau website, serta pembuatan
konten yang memberikan kemudahan akses pada audiens.
Begitu banyak channel digital marketing yang sebenarnya dapat berpengaruh besar pada brand atau perusahaan. Semuanya dapat menjadi efektif apabila kamu memahami penggunaan dan cara kerja dari masing-masing channel. Sekarang, siap untuk memperluas pemasaran digitalmu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar